Jelang Mudik Idul Fitri 1444 H, PT JTT Pastikan Kesiapan Layanan Operasional di Jateng

Semarang, Javamedia.id – PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) memastikan kesiapan layanan operasional jalan tol di wilayah Jawa Tengah jelang dimulainya periode arus mudik dan balik perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H pada tanggal 17 April 2023 hingga 2 Mei 2023.

Guna memberikan informasi dini kepada masyarakat terkait kesiapan PT JTT dalam memberikan layanan operasional arus mudik dan balik Idul Fitri 1444 H, PT JTT selenggarakan jumpa media di wilayah Jawa Tengah pada hari Selasa 4 April 2023 yang dihadiri oleh Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang sekaligus General Manager Representative Office 2 Semarang Seksi A,B,C dan Palimanan-Kanci Nasrullah, Direktur Keuangan dan Umum PT Joglosolo Marga Makmur Yhanni Haryanto, Direktur Utama PT Trans Marga Jateng Prajudi, Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi Mery Natacha Panjaitan, dan Corporate Communication and Community Development Group Head Lisye Octaviana.

Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang sekaligus General Manager Representative Office 2 Semarang Seksi A,B,C Nasrullah menyampaikan prediksi peningkatan volume lalu lintas di kedua ruas tol yang akan melalui Gerbang Tol Kalikangkung. “PT JTT memprediksi lonjakan volume kendaraan sebanyak 636.418 kendaraan atau 92,4% lebih banyak dibandingkan dengan kondisi normal bulan Februari 2023. Sedangkan pada arus balik, diprediksi terjadi lonjakan kendaraan sebanyak 596.398 kendaraan atau 82,8% lebih banyak dibandingkan dengan kondisi normal bulan Februari 2023,” ujar Nasrullah.

Nasrullah melanjutkan, “Adapun kesiapan PT JTT di wilayah Jawa Tengah dalam menghadapi periode arus mudik dan balik Lebaran 1444 H, diantaranya dengan strategi pengoptimalan layanan transaksi dengan manambah kapasitas gardu operasi di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung dengan rincian gardu operasi exit saat mudik sebanyak 15 gardu + 6 mobile reader (8 mobile reader cadangan). Sementara itu, pada saat arus balik dipersiapkan 11 gardu + 6 mobile reader (6 mobile reader cadangan), ” ungkapnya.

PT JTT juga memastikan kesiapan layanan pemeliharaan dengan melakukan rekonstruksi dan perbaikan Expansion Joint (EJ) yang akan selesai pada H-10 Lebaran dan menyiagakan petugas piket patching untuk mengantisipasi jalan berlubang serta menyediakan material cold mix.

Sedangkan di rest area, PT JTT akan melakukan pengaturan lalu-lintas dan pemasangan rubbercone di bahu jalan sepanjang rest area untuk mencegah parkir kendaraan di area tersebut, menempatkan petugas untuk melakukan buka tutup rest area jika terjadi penumpukkan serta memasang spanduk informasi penunjuk rest area berikutnya.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menyampaikan kesaiapan Jasa Marga jelang arus mudik dan balik Lebaran 2023, “Di era pemulihan pasca pandemi COVID-19, periode ini menjadi awal yang ideal untuk kembali melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Jasa Marga siap berkolaborasi untuk siaga di Lebaran 2023 dengan para stakeholder, Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Korlantas Polri dalam menghadirkan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, ” ujarnya.

PT Jasamarga Transjawa Tol mengimbau pengguna jalan untuk memastikan kesiapan sebelum melakukan perjalanan, di antaranya memenuhi persyaratan perjalanan, memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan, memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik, mempersiapkan perbekalan, patuhi rambu dan arahan petugas di lapangan serta terus mengupdate informasi lalu-lintas melalui channel resmi Jasa Marga seperti Twitter di @PTJASAMARGA, One Call Center 14080, dan aplikasi Travoy 4.1. (Psw)

Mari berbagi:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *