Meriah! Lomba Motret Profil Caleg DPR RI Dapil Jateng I Irma Susanti

Semarang JavaMedia.ID – Irma Susanti SPd MM, Caleg DPR RI Dapil 1 Jateng (Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Salatiga dan Kendal), Minggu (28/1/2024) menggelar Lomba Foto Profilnya di Galeri Batik IDENTIX, Muntal Gunungpati Semarang.

Tidak sekadar lomba fotografi dengan model dirinya sendiri, Irma juga menghadirkan mentor fotografi profesional Kota Semarang, Bambang RSD dan Chandra AN. Sebelum memotret, 40 fotografer hobies dan profesional mengikuti work shop dipandu kedua mentor.

Irma susanti

Irma Susanti SPd MM, Caleg DPR RI Dapil 1 Jateng (Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Salatiga dan Kendal) owner Identix Batik Tulis Semarang – foto by luthfi Alman

“Banyak foto profil caleg yang mestinya berfungsi sebagai foto pencitraan ditampilkan kurang bisa berpengaruh karena digarap asal-asalan. Misalnya difoto hanya dengan menggunakan smartphone, resolusi rendak, kualitas warna tidak tepat, serta tidak memancarkan inner beauty. Yang justru banyak mengganggu adalah permainan editing yang berlebihan, misalnya guratan kulit muka terlalu halus atau glowing. Kondisi ini justru memunculkan kesan yang bersangkutan suka polesan dan tidak mau tampil jujur,” ujar Chandra AN, jurnalis yang sering menjadi konsultan foto.

Untuk itu menurut Chandra AN, si pemotret perlu paham konsep foto profil atau potrait profile berikut perlengkapan yang sesuai.

“Foto profil itu umumnya dipasang para caleg di tempat-tempat umum sebagai cara sapaan menggunakan komunikasi visual atau visual approach. Maka foto harus bisa berinteraksi. caranya antara lain mengarahkan pandangan obyek foto kepada yang melihat. Menampakkan gesture sebagai bentuk interaksi, misalnya tersenyum atau dengan gerakan tangan  tertentu.” Ungkapnya

Identix coffee

Puluhan fotografer berlomba memotret Irma Susanti di identix coffee Gunung Pati Semarang

Simbol-simbol gerakan atau fisik juga menjadi sangat penting untuk memberipengaruh agar foto terkesan hidup atau dinamis. Jadi foto ini bukan seperti foto identifikasi atau pas foto. “Banyak caleg yang membuat foto di studio-studio foto, sekalipun ternama. Namun yang didapat sekadar foto-foto pas foto lantaran tidak faham peruntukannya, maka dari itu para fotografer yang diwadahi melalui Fotografer Sahabat Irma Susanti ini sangat beruntung karena memperoleh edukasi melalui kegiatan yang digelar.” Tambah Chandra.

Sementara Bambang RSD, fotografer senior dan profesional bidang Model juga menyampaikan kiat-kiat bagaimana memotret figur agar bisa ditampilkan menarik serta mengundang kagum.

“Pertama kita harus bisa menanamkan rasa percaya antara fotografer-model dan sebaliknya. Suasana ini akan menghilangkan kebekuan dan yang terjadi adalah rilek. Siapa yang difoto maupun yang memotret harus sama-sama rilek. Selain itu suasana hati harus bahagia.Fotografer harus mampu mensugesti model agar tampil percaya diri. rasa percaya diri ini harus ditampilkan dalam foto figur caleg. Kemudian tatapana mata juga harus terarah pada si pelihat. Jadi beda antara foto yang dibuat untuk dipajang di dinding dengan di baliho yang dicetak besar dan tinggi,” ujar Bambang RSD.

Irma identix

Irma Susanti memberikan hadiah kepada para pemenang lomba Foto Profil di identix Coffee Gunung Pati Semarang

Irma Susanti SPd MM mengapresiasi seluruh fotografer yang menjadi peserta lomba dan memotret dirinya dalam beberapa sesi. Sesi pertama pemotretan menggunakan busana adat daerah, kedua baju harian dan ketiga jas. “Saya kagum dengan hasil foto kawan-kawan. Sehingga kami sangat sulit menentukan mana  yang terbaik. Saya menyadari foto ini memliki pengaruh yang sangat luar biasa. Bisa mewakili kehadiraan saya di mana-mana. Ini terbukti, ketika saya baru pertama datang di suatu daerah, warga setempat menyapa saya bagai sudah kenal lama. Ternyata di kampung mereka sudah banyak terpampang foto kampanye saya. Pantas mereka pada menyapa dan tahu nama saya. Karena inilah saya berterima kasih kepada para fotografer terutama Mas Bambang RSD dan Mas Chandra AN, serta Prast WD yang telah menggawangi acara Lomba Foto ini.

Irma akan menindak lanjuti lomba ini secara berkesinambungan. Rencananya akan ada event Work Shop dengan menghadirkan Fotografer Nasional yang cukup ternama di Jakarta dan dipercaya Presiden RI Ir Joko Widodo untuk memotret profilnya.

“Kita tunggu nanti saya kabari ya waktunya,” ujar Irma usai menyerahkan hadiah kepada para juara yaitu Juara I Suwito Wito, Juara II Luthfi Alman, Juara III Jamblang, Juara Harapan Afin Kurniawan dan Juara Favorite Pilihan Model adalah Supri Musaroh. (Gam)

Mari berbagi:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *