Promosi Wayang Limbah, CCEP Indonesia Dorong Kreativitas Daur Ulang Sampah Plastik
YOGYAKARTA, JAVAMEDIA – CCEP Indonesia berkolaborasi dengan Serabut Nusa membantu pemasaran wayang limbah Mbah Samidjan asal Yogyakarta sebagai upaya mempromosikan produk daur ulang menjadi barang lebih berharga. “Selama ini sebagian kita memandang barang bekas hanya menjadi sampah sehingga berakhir di tempat pembuangan, namun sebenarnya banyak peluang bisnis melalui barang yang kita sebut sampah,” sebut Armytanti hanum Kasmito, Regional Corporate Affairs Manager CCEP Indonesia, Senin 30 Januari 2023.
Mbah Samidjan adalah seniman dan dalang wayang asal Karangwaru Lor, Tegalrejo Kota Yogyakarta. Sejak beberapa tahun yang lalu ia mulai mengembangkan wayang berbahan plastik bekas. Ide itu muncul tak sengaja ketika ia melihat tetangga membongkar atap rumah yang terbuat dari lembaran plastik. Lembaran itu dibuang di lingkungan sekitarnya. Samidjan memungut dan membawanya pulang. Lantas ia menjadikan limbah atap rumah menjadi wayang.
Dalam berkesenian, ia biasa mengangkat tema kontemporer berbasis persoalan sosial kekinian melalui lakon wayangnya. Samidjan berusaha mendekatkan wayang dengan kehidupan sehari-hari. Akhir tahun 2022, ia membuat wayang transgender dan wayang ramah disabilitas tuna netra untuk pementasan di pondok pesantren waria di Kotagede Yogyakarta. Pada wayang ramah disabilitas, Samidjan mencantumkan nama-nama karakter wayang dengan huruf Braille.
Produk wayangnya hanya dipasarkan di kalangan tetangga Samidjan saja, atau warga di daerah Karangwaru Lor Yogyakarta. Sekarang produk dari Samidjan sudah tersedia di website serabutnusa.com yang menambah channel distribusi mereka. Founder Serabut Nusa Dimas Herdy Utomo mengatakan promosi itu dilakukan melalui platform digital yang dikembangkan pihaknya dengan dukungan CCEP Indonesia. “Dengan platform digital kami percaya bahwa jangkauan pasar akan menjadi lebih luas,” kata dia.
Serabut Nusa mendukung peningkatan UMKM dari berbagai aspek seperti pengembangan usaha melalui pendampingan pemasaran, manajerial, dan legalitas. Sejalan dengan komitmen bersama yang telah dicanangkan sebelumnya, CCEP Indonesia dan Serabut Nusa memfokuskan diri terhadap platform pengembangan bisnis UMKM. Perwujudan channel distribusi, serabutnusa.com berperan menyebarkan produk UMKM binaan kepada masyarakat luas. Wayang Limbah Samidjan hanya salah satu dari total 148 UMKM target kurasi untuk dapat berkembang bersama dari sisi produksi, kemasan, dan branding produk serta konsistensi produksi. Peningkatan penjualan produk UMKM binaan diharapkan dapat mendukung tumbuhnya perekonomian pascapandemi Covid-19.