Teladani Sosok Pemimpin Bijaksana, Irma Susanti Ziarah Ke Makam KH Sholeh Darat

SEMARANG, JAVAMEDIA.ID – Kota Semarang tidak hanya memiliki wisata bersejarah berupa bangunan kuno peninggalan masa kolonial Belanda.

Ibu kota Jawa Tengah ini ternyata memiliki wisata religi. Satu diantaranya, wisata religi makam Muhammad Sholih as-Samarani atau yang dikenal dengan nama KH Soleh Darat.

Makam KH Soleh Darat berada di kompleks TPU Bergota Semarang. Banyak para peziarah baik dari Kota Semarang maupun luar kota yang datang ke makam KH Soleh Darat. Apalagi, makam ulama tersebut telah dipugar oleh Pemerintah Kota Semarang.

Kini, para peziarah lebih mudah menemukan makam ulama kelahiran Jepara karena terdapat gapura masuk di Jalan Bendungan, Randusari, Semarang Selatan.

Akses masuk yang sebelumnya melewati celah-celah makam masyarakat, kini sudah berubah. Peziarah akan lebih mudah berjalan dari gapura menuju makam karena terdapat jalan setapak yang telah dibangun Pemerintah Kota Semarang.

Irma Susanti salah satu peziarah menuturkan, bahwa pihaknya selain mendoakan, kita juga mengingat kembali perjuangan dan kiprah para ulama.

“Untuk terus menjadi inspirasi pengembangan bisini serta menjadi tauladan bagi para generasi muda serta pengingat sejarah perjuangan para pendiri kota semarang,” terang Irma yang juga sebagai pengusaha muda sukses Kota Semarang.

Dengan kita berziarah, lanjut Irma, kita mengingat sejarah, kita mengingat bagaimana perjuangan para pendiri kita untuk menjadikan Semarang seperti sekarang.

“Tentu kita berharap dan teman-teman generasi muda yang nanti menjadi penerus di Kota Semarang bisa melihat patokan beliau,” jelas Irma.

Terkait apa yang di dapatkan setelah ziarah di makam KH Sholeh Darat, Irma menunjuk hatinya yang merasakan. “Untuk pengalaman menarik, itu berarti dari dalam hati masing-masing, dan kita merasakan suatu pelajaran,” ungkapnya.

Pasalnya ketika di tempat seperti ini, dirinya mendapatkan rasa damai dan khusuk dalam memanjatkan doanya. Sehingga, ia berharap dengan mengajak temannya kesini, mampu menambah dan memantabkan keimanan.

“Yang jelas beliau itu (KH Sholeh Darat) memang waliyullah, gurunya NU sama Muhammadiyyah dan sangat terkenal di kota semarang, karena saya berkeyakinan kalau berdoa kepada Allah SWT melalui waliyullah itu jadi tenang,” tukas Irma.

Mari berbagi:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *