KRI Dewaruci Sapa Semarang, Puluhan Ribu Warga Antusias Datang ke Dermaga

Semarang, JavaMedia.IdFestival Dermaga ‘KRI Dewaruci Menyapa Warga’ sukses digelar di Dermaga Pelabuhan Tanjung Emas Semarang oleh Pangkalan TNI AL Semarang, Selasa -Kamis (21-23/3).

Hingga Rabu (22/3/2023) sekitar 10 ribu warga Kota Semarang, bahkan Jawa Tengah hadir mengunjungi KRI Dewaruci yang disertai KRI Makassar dan dua KAL Kadet-6 & Kadet-7.

Danlanal Semarang Kolonel (Mar) Hariyono Masturi M Tr Hanla, Rabu (22/3/2023) mengatakan Festival Dermaga digelar di saat momentum KRI Dewaruci sandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. “Momentum sandar 3 hari ini kami manfaatkan untuk open ship. Tujuannya juga untuk mengenalkan dan mendekatkan TNI AL dengan masyarakat. Kami bersyukur kegiatan ini diapresiasi masyarakat, khususnya Kota Semarang. Di hari kedua ini sudah tercatat ada 4.000 pengunjung. Bisa jadi selama 2 hari ini bisa mencapai 10.000 pengunjungan,” ungkap Danlanal Semarang.

Festival ini cukup meriah karena selain memamerkan KRI dan KAL TNI AL juga menggelar berbagai lomba, antara lain Lomba Mewarnai dan Lomba Foto Instagram yang diikuti oleh kalangan masyarakat umum.

Selain lomba ternyata ada penampilan atraksi Marching Band Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) dan Tarian Penyambutan KRI Dewaruci.

Vera, salah satu pengunjung mengaku kagum menyaksikan kapal-kapal TNI AL yang dipamerkan dalam Festival Dermaga. “Saya baru bisa melihat ternyata ada kapal TNI AL yang menggunakan layar. Sebelumnya hanya lihat KRI Dewaruci dari gambar-gambar dan media sosial, ternyata keren,” ungkapnya.

Kesan lain juga disampaikan Supardi (75) pensiunan TNI AL. ” Sudah lama saya pensiun, kini saksikan Angkatan Laut kita semakin bangga. Generasi setelah saya ke sini makin modern dan profesional mengikuti kemajuan jaman. Kapal-kapal juga baru dan modern. Tentu semangatnya harus melebihi generasi lampau. Jangan sampai turun atau merosot, karena tantangan ke depan semakin berat,” pesan Supardi. (Haidar)

Mari berbagi:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *