Prof. Euis Soliha Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Ilmu Manajemen Unisbank
Semarang, Javamedia.id Senin 10 Oktober 2022, Prof. Dr. Euis Soliha, S.E., M.Si. dikukuhkan sebagai Guru Besar pada Rapat Senat Terbuka Universitas Stikubank di Gedung Kridangga Kampus Kendeng Universitas Stikubank berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia No. 55701/MPK.A/KP.07.01/2022.
Wanita kelahiran Yogyakarta pada tanggal 27 Maret 1971 ini melakukan orasi ilmiah dalam pengukuhan sebagai Profesor/Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Stikubank Semarang dengan mengambil topik Desain Eksperimen Pemasaran Pada Periklanan.
Lulusan S3 Program Doktor Ilmu Manajemen FEB UGM pada tahun 2013 ini mengatakan bahwa riset dengan menggunakan Desain Eksperimen ini adalah merupakan pilihan yang langka karena biasanya peneliti melakukan riset dengan metode survey atau lainnya.
“Saya mencoba untuk mengembangkan dengan menggunakan desain eksperimen karena biasanya para peneliti melakukan desain eksperimen ini di bidang kedokteran dan farmasi, tapi masih jarang digunakan dalam penelitian di bidang sosial. Selain itu yang beda dari desain eksperimen ini adalah memiliki validitas internal yang tinggi dibanding desain secara survey atau yang lain,” ungkapnya.
Prof Euis menambahkan bahwa pilihannya untuk menggunakan riset dengan desain eksperimen ini bukan berarti menganggap bahwa riset dengan menggunakan metode lain itu tidak lebih baik tapi saling melengkapi. “Semua metode itu sebenarnya saling melengkapi, jadi akan kebih bagus kalo digunakan keduanya yaitu dengan melakukan eksperimen dan survey sekaligus karena metode survey lebih memiliki validitas eksternal yang tinggi sedangkan eksperimen lebih memiliki validitas internal yang tinggi.” Kata Direktur Direktorat Penelitian Pengabdian Masyarakat dan Publikasi (DPPMP) Stikubank ini.
Prof Euis mencontoh penelitian eksperimen pada periklanan perguruan tinggi. Pada konteks Perguruan Tinggi, terjadi persaingan dalam mencari dan mendapatkan mahasiswa untuk studi di kampus mereka. Iklan yang memiliki informasi yang efektif merupakan salah satu sumber informasi penting bagi konsumen dalam pengambilan keputusan. Di sisi lain, keputusan mereka dalam memilih perguruan tinggi akan terkait dengan berbagai risiko di antaranya adalah risiko keuangan, kinerja, sosial, dan psikologis.
Penelitian menunjukkan bahwa motivasi konsumen dalam memilih produk tidak mempengaruhi persepsi risiko produk. Namun, persepsi risiko kinerja dan risiko sosial dipengaruhi oleh interaksi antara pesan dalam iklan dan motivasi konsumen.
“Dalam konteks promosi perguruan tinggi, calon mahasiswa yang rasional akan cenderung lebih memberi perhatian pada informasi dalam iklan yang terkait dengan keunggulan dan kinerja perguruan tinggi yangvakan ia pilih. Perguruan tinggi dengan keunggulan dan kinerja bagus akan lebih dihargai oleh masyarakat dan menghasilkan persepsi risiko sosial dan risiko kinerja yang rendah.” Jelasnya.
Prof. Euis Soliha selalu tercatat sebagai lulusan tercepat dalam jenjang pendidikan. S1 FE UII lulus pada tahun 1993, S2 Program Magister Sains Ilmu Manajemen FEB UGM lulus pada tahun 2007 dan S3 Program Doktor Ilmu Manajemen FEB UGM pada tahun 2013.
Karirnya sebagai dosen di Universitas Stikubank dimulai pada tahun 1994. Prof. Euis Soliha adalah dosen yang memiliki banyak prestasi sehingga selalu mendapat kepercayaan sebagai pejabat struktural di Universitas Stikubank yaitu sebagai Ketua Program Studi S2 Manajemen, .
Selain itu, kiprahnya diluar Universitas Stikubank juga perlu mendapatkan apresiasi. Sebagai asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis Akuntansi (LAMEMBA) dan asesor BKD. Pengurus di Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Semarang, Sekretaris Forum Manajemen Indonesia (FMI) Koordinator Wilayah Jawa Tengah, Pengurus Daerah Keluarga Alumni Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (KAFEGAMA) Jawa Tengah dan pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Jawa Tengah Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA UII).
Saat mengikuti seminar internasional di Chiang Mai University Thailand tahun 2012, papernya berhasil meraih “Excellence Paper Award”. Pada tahun 2017 telah mendapatkan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya X Tahun dari Presiden RI Joko Widodo.
Pengukuhan Prof. Euis Soliha pastinya memperkuat Universitas Stikubank dalam bidang Ilmu Manajemen. Rektor Universitas Stikubank, Dr. Edy Winarno, S.T., M.Eng memberikan apresiasi terhadap prestasi yang diraihnya dan berharap prestasinya dapat diikuti oleh dosen-dosen lainnya serta menjadi berkah bagi Universitas Stikubank.
“Ini adalah pengukuhan guru besar yang keempat Fakultas Ekonomika dan bisnia di Stikubank, kedepannya akan lebih banyak lagi, unisbank sekarang memiliki 150 dosen dan 45 orang Rektor Kepala yang berpotensi menjadi guru besar selanjutnya dan paling tidak dalam setahun ini kita berharap bisa mencetak lima profesor lagi dengan berbagai program percepatan,” kata Edy. *)