Bandara Ahmad Yani Semarang Raih Penghargaan Prima Utama Pelayanan Sektor Transportasi
SEMARANG, JAVAMEDIA – Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang berhasil meraih penghargaan kategori Prima Utama, setelah tahun-tahun sebelumnya berada pada kategori Prima Madya dalam ajang Penganugerahan Penilaian Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi Tahun 2021-2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan.
Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan secara berkala setiap dua tahun sekali. Terdapat tiga kategori penghargaan yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan yaitu, Prima Utama, Prima Madya dan Prima Pratama. Pada tahun 2021-2022 ini, penghargaan kategori Prima Utama diberikan kepada 6 (enam) unit pelayanan publik, Prima Madya diberikan kepada 23 (dua puluh tiga) unit pelayanan publik dan Prima Pratama diberikan kepada 48 (empat puluh delapan unit pelayanan publik.
General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto mengatakan, “Kami sebagai pengelola bandar udara selalu berkomitmen untuk memberikan layanan prima kepada seluruh pengguna jasa meskipun dalam dua tahun terakhir kita semua harus menghadapi Pandemi Covid-19. Dengan diterimanya penghargaan ini, kami berhasil membuktikan bahwa dengan sinergitas dan kolaborasi bersama seluruh instansi di bandara pelayanan prima tetap terjaga”, ujarnya.
Penghargaan Penilaian Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi dilaksanakan mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 49 Tahun 2018, serta terdiri dari 6 aspek penilaian, yaitu aspek kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana pelayanan publik, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi. Adapun sebanyak 136 unit pelayanan publik telah mengikuti proses penilaian penghargaan ini. Dalam pelaksanaannya, penilaian penghargaan dilaksanakan oleh tim independen yang terdiri dari wakil sejumlah badan dan instansi.
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyampaikan, “Tujuan dari semua tugas kita adalah bagaimana para pengguna itu puas. Itulah yang menjadi aim dari pekerjaan kita. Bahwa bangunan yang bersih dan bagus, pelayanan yang bagus, menjadi satu tuntutan bagi kita untuk melakukan improvement dari waktu ke waktu,” ujar Menhub Budi Karya.
“Saya atas nama Kementerian Perhubungan mengucapkan selamat kepada Bapak, Ibu, serta rekan-rekan yang sudah berhasil. Tentu saya bangga mendengar nama-namanya. Saya memang melihat ada effort tertentu untuk melakukannya,” lanjut Menhub Budi Karya.
Adapun bandara kelolaan Angkasa Pura I yang berhasil meraih penghargaan tersebut adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dan Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang yang berhasil meraih penghargaan kategori Prima Utama; Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Internasional Yogyakarta, Bandara Sam Ratulangi Manado, dan Bandara Adi Soemarmo Surakarta pada kategori Prima Madya; serta Bandara Juanda Surabaya, Bandara Internasional Lombok, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Pattimura Ambon, Bandara Sentani Jayapura, dan Bandara Frans Kaisiepo Biak pada kategori Prima Pratama.
“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berinovasi, bersinergi dan terus menjalankan komitmen kami kepada seluruh pengguna jasa untuk memberikan pelayanan terbaik sehingga kedepannya kami dapat terus mempertahankan capaian ini.” Tutup General Manager Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Hardi Ariyanto. *)