Damkar Kota Semarang Sabet Dua Gelar di NFSC 2024

Surabaya, Javamedia.id – Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang berhasil meraih 2 piala pada acara National Firefighter Skill Competition tahun 2024 yang diselenggarakan di Kota Surabaya tanggal 25 sampai 29 Februari 2024. Kegiatan ini diikuti oleh 50 kontingen dari Kabupaten/Kota & provinsi Seluruh Indonesia dalam rangka memperingati HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Ke-105 Tingkat nasional yang jatuh pada tanggal 1 Maret 2024. Pada tahun ini, Dinas Damkar Pemerintah Kota Semarang mengirimkan 1 tim yang terdiri dari 8 orang (6 atlit dan 2 official).

Rangkaian acara HUT Damkar tingkat nasional ini dilaksanakan di 4 lokasi, Rakornas di Grand City Convex, Gala dinner di Balaikota Surabaya, NFSC 2024 di komplek Politeknik Penerbangan Surabaya, dan Puncak acara rangkaian HUT ini dilaksanakan upacara di lapangan Kodam V-Brawijaya.

Adapun 4 kategori yang dilombakan di NFSC 2024 ini, pertama Ladder pitching, kedua Hose Laying, ketiga Survival dan keempat ada Kategori tim favorit. Alhamdulillah Damkar Kota Semarang meraih 2 Piala, juara 3 kategori Ladder Pitching dan Juara tim favorit. Ade Bhakti, sekdin damkar menerima secara langsung piala yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Bapak Tito Karnavian. Piala Diserahkan bersamaan dengan penghargaan kepada Walikota Surabaya Eri Cahyadi.

“Ya alhamdulillah, meskipun persiapan yang cukup mepet, kurang dari sebulan, kawan-kawan bisa mempersiapkan dengan baik, meskipun belum berhasil mendapatkan sesuai target, ini sudah jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu sama sekali tidak berhasil tembus 3 besar, dan tidak membawa pulang piala dan medali”, kata ade bhakti lewat sambungan telepon.

Pada upacara yang dipimpin langsung oleh mendagri sebagai irup ini, ditampilkan juga  simulasi pemadaman dan penyelamatan korban kebakaran, terlihat bagaimana infrastruktur Dinas Damkar Kota Surabaya yang sudah sangat mumpuni dan terlihat gap infrastruktur yang sangat jauh lebih baik dibandingkan kota-kota lainnya di Indonesia. Apalagi dalam simulasi ini juga terlihat bagaimana sangat kompaknya belasan OPD (Dinas) yang tergabung dalam call centre 112 untuk menangani situasi darurat. Damkar, BPBD, Kominfo, Dishub, Dinas Kesehatan dan lain-lainnya terlihat sudah sangat terlatih, sangat kompak, dan komunikasi yang terjalin juga sangat baik.

“Surabaya keren, infrastruktur damkarnya oke, SDM nya mumpuni, dan info yang saya dapat dari kawan-kawan damkar Surabaya, support dari Kepala Daerah, dalam hal ini Walikota serta Sekretaris Daerah sebagai ketua Tim Anggaran (TAPD) juga sangat kompak dalam memberikan perhatian kepada Damkar Kota Surabaya, Saya dan temen-temen damkar kota semarang juga berharap Semoga kedepan minimal kami juga bisa seperti Surabaya, Bismillah nggih mas…?” Pungkasnya. *)

Mari berbagi:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *