Unisbank Sambut Mahasiswa Baru, PEKAKU 2023 Usung Tema “Mele55at Maju Kampusku”

Semarang, JavamediaUniversitas Stikubank menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2023 dengan kegiatan Pengenalan Kegiatan Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Stikubank (PEKAKU). Kegiatan ini dilaksanakan mulai 11-13 September 2023 di Kampus Mugas dan Kampus Kendeng Unisbank. Kegiatan PEKAKU 2023 kali ini mengusung tema “Mele55at Maju Kampusku”, selaras dengan tema Dies Natalis Unisbank Ke-55.

PEKAKU 2023 menyambut mahasiswa baru dari Program Pasca Sarjana, yaitu Magister Manajemen dan Magister Teknologi Informasi. Program Sarjana, yaitu Manajemen, Akuntansi, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Industri, Sastra Inggris dan Ilmu Hukum, serta Program Diploma 3, yaitu Perhotelan, Keuangan Dan Perbankan serta Diploma 4 atau Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Grafis.

Kegiatan PEKAKU wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa program Pasca Sarjana, Sarjana, dan Diploma sebagai salah satu syarat kelulusan. Sesuai dengan nama kegiatannya, PEKAKU bertujuan untuk sosialisasi kegiatan akademik sebagai pedoman mahasiswa dalam menempuh pendidikan di Universitas Stikubank, serta memperkenalkan organisasi kemahasiswaan yang ada di Universitas Stikubank.

Rektor Unisbank Semarang Edy Winarno mengatakan bahwa dalam pelaksanaan PEKAKU kali ini tidak ada unsur kekerasan atau perploncoan, namun diisi dengan berbagai kegiatan yang penuh kreativitas.

“Mahasiswa baru akan diajak mempersiapkan diri untuk masuk dalam Ekosistem Pengusaha Muda Sukses, sesuai tagline Universitas Stikubank, Digital Youth Entrepreneurial University. Mahasiswa baru juga diajak untuk ikut melestarikan budaya nusantara. Mereka wajib merangkai “Cool Bag” diambil dari singkatan kata “Culture Bag” artinya Tas Budaya yang dibuat dari selendang atau sarung kain batik. Selain itu mereka juga akan mengenakan batik dan bawahan jarik dan sarung.” Ungkap Edy.

Kegiatan gladi bersih dilaksanakan Minggu (10/09) di Kampus Mugas, dan pada hari pertama pembukaan PEKAKU 2023 (11/09) diawali dengan Rapat Senat Terbuka, Kuliah Umum 4A (Anti korupsi, Anti Bullying, Anti Intoleransi, Anti Kekerasan Seksual) oleh Kepala LLDIKTI Wilayah VI Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H. serta menghadirkan selebgram Semarang Ricky Ravanelli dan Fellycia Indriyani yang dikenal dengan Kokobocil untuk membagi tip dan trik menjadi seorang konten kreator.

Kegiatan berlanjut hari kedua di Kampus Kendeng untuk Campus Trip Expo Lembaga Kemahasiswaan/Unit Kegiatan Mahasiswa (LK/UKM). Rangkaian kegiatan PEKAKU 2023 akan ditutup dengan Inaugurasi di Kampus Mugas.

Edy Winarno menambahkan, “Untuk mengasah kreativitas Mahasiswa baru, mereka akan mendapatkan penugasan dari panitia PEKAKU, yang tak lain adalah pengurus-pengurus BEM dan LK/UKM di Unisbank untuk membawa perlengkapan seperti nasi hepatitis, minuman pahlawan, roti ketawa dan lain sebagainya. Peserta PEKAKU juga wajib mentaati semua peraturan yang ditetapkan untuk mengajarkan kedisiplinan. Peserta yang lulus akan mendapatkan sertifikat yang kelak akan berguna pada saat wisuda.”

Kepala LLDIKTI Wilayah VI Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H menjelaskan soal program 4 A dari Kemendikbudristek yaitu program Anti Intoleransi, Anti Perundungan, Anti Korupsi dan Anti Kekerasan Seksual.

“Program 4A ini sesuai kebijakan kementerian untuk menjamin para mahasiswa agar bebas dari rasa takut. Harapan kami dengan adanya program ini, pihak kampus juga bekerjasama dengan kementerian untuk menjamin keamanan anak-anak kita.” Ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga sekaligus mendorong Unsibank Semarang untuk membentuk satgas sebagai langkah menegakan program 4A yaitu Satgas PPKS (Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual).

“Kami ajak bersama Kementerian untuk membangun rasa aman. Untuk itu kami mendorong adanya satgas, agar ketika suatu saat terjadi hal demikian bisa dilakukan penanganan,” tegasnya. (Psw)

Mari berbagi:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *