Sampai H-3 Lebaran, 143 Ribu Pelanggan KA Tiba di Wilayah Daop 4 Semarang
Semarang, Javamedia.id – Selama delapan hari periode Angkutan Lebaran Tahun 2023, dari tanggal 12 sampai dengan 19 April 2023 atau H-10 sampai dengan H-3 Lebaran terdapat sebanyak 143.929 pelanggan KA yang tiba di wilayah Daop 4 Semarang atau rata-rata 17.991 pelanggan KA setiap harinya.
Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Ixfan Hendri Wintoko menyampaikan bahwa jumlah ini jika dibandingkan dengan periode Angkutan Lebaran 2022 terdapat peningkatan sebesar 37%, dimana pada H-10 sampai dengan H-3 Lebaran Tahun 2022 jumlah penumpang KA yang tiba sebanyak 104.548 pelanggan. Adapun rute yang menjadi favorit pelanggan pada periode tersebut adalah rute Jakarta-Semarang, Jakarta-Tegal, Surabaya-Semarang dan Bandung-Semarang.
Kedatangan selama periode tersebut didominasi oleh pelanggan KA dari Jakarta maupun Surabaya. “Kedatangan penumpang tertinggi terjadi pada Rabu (19/4) dimana sebanyak 26.95 pelanggan KA tiba di wilayah Daop 4 Semarang, dan pada Selasa (18/4) sebanyak 24.103 pelanggan,” jelasnya.
Adapun jumlah kedatangan tertinggi yang ada di stasiun wilayah Daop 4 Semarang mulai dari H-10 sampai dengan H-3 Lebaran meliputi: Stasiun Semarang Tawang sebanyak 37.857 pelanggan, Stasiun Tegal sebanyak 27.640 pelanggan, Stasiun Semarang Poncol sebanyak 25.900 pelanggan, Stasiun Pekalongan sebanyak 18.075 pelanggan, dan Stasiun Cepu sebanyak 8.837 pelanggan.
KAI melihat, untuk arus balik di wilayah Daop 4 Semarang pada keberangkatan KA tanggal 23 sampai dengan 30 April 2023 jumlah tempat duduk yang disediakan masih banyak tersedia karena okupansinya masih terisi sekitar 57 persen dari 67.913 tempat duduk yang KAI sediakan pada periode tersebut.
Untuk penumpang naik tertinggi di wilayah Daop 4 Semarang terjadi pada Rabu (19/4), dimana sebanyak 20.304 pelanggan KA berangkat dari wilayah Daop 4 Semarang ke berbagai tujuan.
“Diprediksi penumpang naik tertinggi juga akan terjadi pada Senin (24/4), Selasa (25/4) dan Minggu (30/4) dimana penumpang naik diprediksi sebanyak lebih dari 22 ribu penumpang per harinya,” tutup Ixfan.
KAI mengajak masyarakat untuk dapat segera melakukan pemesanan tiket kereta api karena jumlah tiket masih banyak tersedia. Pembelian tiket juga cukup mudah bisa melalui aplikasi KAI Access, web KAI, serta berbagai channel resmi penjualan tiket KAI lainnya. *)